Tuesday, July 07, 2009

Komunikasi Gambar Tampak

Tampak merupakan sebuah representasi dari gambar elevasi dari sebuah gambar terhadap sebuah arah pandang. Tampak akan memberikan pesan terhadap komposisi dari sudut pandang tersebut. Komposisi merupakan persoalan yang menjadi topik utama dalam mengelola tampak bangunan ataupun site lokasi. Mengelola sebuah tampak tergantung dari tematik yang akan dimunculkan dalam sebuah bangunan.
Sebuah bangunan dikatakan menarik karena tampak bagian luar bangunan mempunyai tampilan atau komposisi yang sangat menarik. Komposisi yang menarik mempunyai pemahaman yang berbeda-beda. Komposisi ini hanyalah sebuah ide kreatif secara subyektif yang disodorkan oleh seorang perancang. Beberapa parameter dapat dijadikan ukuran untuk melakukan kontrol agar tujuan tematik nya dapat tercapai.
Komposisi Tampilan Massa Bangunan
Komposisi tampilan massa bangunan akan terlihat dengan jelas ketika kita melihat tampak dari bangunan. Tampak bangunan akan memberikan potensi keindahan tersendiri dalam mengelolam daya tarik terhadap sebuah sudut pandang. Komposisi yang baik adalah yang mempunyai daya tarik dari setiap sudut pandang yang dianggap potensial. memang tidak semua sudut pandang mempunyai potensi untuk dinikmati, namun hanya sudut pandang tertentu yang dianggap berpotensi saja yang harus di berikan tekanan olahan dengantujuan estetis. Susunan antara massa pukal dan rangkaian tektonika akan menjadikan estetika tampang bangunan.
Kedalaman
Kedalaman merupakan salah satu aspek yang dapat memberikan efek tiga dimensi terhadap sebuah obyek rancangan. Obyek rancangan yang bagus dapat melakukan pengelolaan terhadap komposisi kedalaman sehingga menghasilkan komposisi gelap terang.
Harmonisasi Alam dan Buatan
tampak yang bagus juga harus memberikan harmonisasi antara olahan natural dan massa bangunan. perhatikan ketika kita menyusun garis-garis natural dan garis-garis tegas bangunan. usahakan sebuah komposisi antara yang alami dan buatan.

No comments: