Wednesday, July 22, 2009

Mengelola Organisasi Ruang


Organisasi ruang merupakan faktor yang penting dalam tahap awal perancangan. dikarenakan susunan tersebut akan menentukan pola hubungan antar aktifitas ruang yang terdapat dalam bangunan tersebut. Didalam bangunan dapat dipastikan kita akan menemui beberapa kegiatan yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. karakteristik ruang yang berbeda tersebut dikarenakan aktifitas yang terjadi didalam masing-masing ruang tersebut juga berbeda. Batas ruang akan memberikan kesan perhubungan yang berlainan.
Ruang Perantara
Ruang perantara merupakan ruang yang mempunyai fungsi sebagai perantara atau perekat antara ruang-ruang aktifitas utama maupun pendukung. Biasanya ruang ruang ini akan membantu seorang perancang untuk melakukan toleransi terhadap fungsi ruang yang sangat berbeda. Sehingga tidak terjadi perubahan secara drastis dari sisi psikologis pengguna ruangan. Ruangan ini umumnya bersifat publik.
Ruang Aktifitas (Utama & Pendukung)
kegiatan-kegiatan yang penting mempunyai persyaratan yang sudah pakem. Sehingga sedikit toleransi yang digunakan dalam merancang fisik ruangannya. Standar kebutuhan sudah akan aktifitas memerlukan hitungan yang sudah pasti. Umumnya ruangan dengan karateristik ini tidak dapat ditolerir banyak secara fisik.
Ruang Pasif
Ruang pasif ini mempunyai fungsi yang fleksibel atau tidak digunakan untuk aktifitas gerak. Gudang penyimpanan dan tempat menempatkan fasilitas tidak bergerak merupakan kategori yang termasuk dalam jenis ini.

No comments: