Saturday, July 11, 2009

PENGARUH TAPAK LINGKUNGAN (1)

Sebuah desain niscaya akan banyak dipengaruhi lokasi yang ditempatinya. lokasi sebuah perancangan mempunyai beberapa aspek yang dapat mendorong perubahan terhadap konsep rancangan arsitektur. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam mengelola tapak lingkungan antara lai adalah :
1. Perhatikan kondisi kontur permukaan tanah yang terdapat dilokasi. Aspek ini menjadi sangat penting ketika daerah yang ditempati merupakan wilayah dengan surah hujan yang tinggi. Tempat yang tinggi dapat diperuntukkan bagi bangunan dengan kegiatan utama dari obyek perancangan. Selain hal tersebut akan memudahkan untuk melakukan pengelolaan terhadap saluran pembuangan air, karena pembuangan air umumnya mempergunakan ketinggian sebagai pendorong aliran air.
2. Kondisi batas tapak, merupakan faktor penting dalam mempertimbangkan beberapa hal dalam perancangan arsitektur. Perancangan arsitektur akan memerlukan referensi kondisi batas lingkungan untuk menentukan akses masuk ke lokasi sesuai kebutuhan obyek rancangan. kondisi tapak lingkungan juga akan memberikan kontribusi dalam memutuskan arah hadap dari bangunan dan arah pandang yang bagus.
3. Potensi bangunan dan aktifitas sekitar lokasi. Tidak semua bangunan dan aktifitas disekitar lokasi perancangan mempunyai manfaat yang menguntungkan bagi rancangan bangunan kita. sehingga perlu sekali menentukan zoning yang tepat bagi aktifitas bangunan kita.

No comments: