Tuesday, June 30, 2009

Mendefinisikan Isu/Tema/Topik

MENDEFINISIKAN ISU

Sebagian besar perancang memulai proyek mereka dengan menangkap informasi yang dapat menunjukkan sesuatu atau segala sesuatu yang harus dikerjakan dengan jenis bangunan yang akan dikerjakan. Dengan menyaring informasi kedalam kategori isu-dasar, mempermudah untuk membangun strategi dan rencana penelitian untuk informasi yang tidak tertangkap atau hilang, meng-identifikasi keputusan kritis yang perlu dibuat, dan membuat format yang searah untuk laporan terhadap klien.
Pemrograman isu-dasar merupakan alat bagi perancang untuk membuat keputusan pendekatan yang jelas diantara sebagian besar fakta yang menarik dan informasi yang penting diawal proses desain. Proses ini merupakan cara menyaring informasi kedalam kategori yang berguna diawal proyek, memberikan perancang dorongan percaya diri yang kuat dari kesseluruhan proses yang dapat diatur.

Jenis Isu
Isu berarti segala sesuatu, kecenderungan, pertanyaan, topic, proposisi, atau situasi dimana permitaan desain agar bangunan tersebut sesuai dengan keinginan klien dan pengguna.
Dalam arsitektur beberapa isu yang umum adalah sirkulasi, keamanan, kewilayahan, privasi, imej, guna energi, fleksibilitas, dan visibilitas. Dalam strategi pemrograman isu merupakan parameter untuk menyaring informasi desain kedalam daftar pengaturan untuk mendukung pembuatan keputusan yang efisien.
Daftar isu mendukung sebagian besar dari kebutuhan desain bangunan. Mungkin tidak seluruhnya memnuhi, namun sebagian besar pembuatan keputusan banyak mencakup dalam daftar tersebut. Masing-masing isu mayor mempunyai sub-isu. Didetail untuk menghasilkan persyaratan tampilan yang sebelumnya ditetapkan tujuannya.

Issue Check List

AUDIBILITY
Behaviour Setting
CIRCULATION
Information
Material
Parking
Pedestrian
Vehicles
COMFORT
Physical
Psychological
CONVENIENCE
DURABILITY
Economy
Elegant
Phasing
Quality
LEGIBILITY
Layering
Orientation
Plan recognition
Sequence
MAINTENANCE
MOOD/ AMBIENCE
Attitude
Emotional Response
Spirit of place
OLFACTORY
PERSONALIZATION
Group
Individual
PRIVACY
Group
Individual
ENERGY EFFICIENCY
ENVIRONMENTAL IMPACT
FLEXIBILITY
Adaptability
Choice/ Variety
Expansion/ contraction
Multi-use
IMAGE
Identity
Message
Ordering/ proportion
Status/ Hierarcy
Symbolism
INTERACTION
Group participation
Social
RESOURCE MANAGEMENT
SAFETY
Accident
Hazards
SECURITY
Assault
Robbery
Unauthorized acces/entry
Vandalism
TERRITORY
Group
Individual
VISIBILITY

No comments: