Thursday, November 12, 2009

PENGANTAR ANIMASI DENGAN 3DS DALAM PERANCANGAN ARSITEKTUR














Sebelumnya kita sudah mengetahui dala pelajaran sebelumnya bahwa salah satu program animasi yang populer dipakai adalah program 3DS produksi Autodesk. Saat ini program ini sudah mencapai versi ke 8. Kemudahan operasional dari programini menjadi salah satu daya tarik dari program awalnya. Layar default-nya terbagi dalam empat bagian yang masing-masing bagian dapat kita atur propertinya, misalnya pojok kiri untuk gambar tampak kiri, bagian pojok kanan untuk gambar tampak kanan, dan seterusmya. Hal tersebut terdapat kemiripan pada waktu kita mengatur viewport pada program CAD. Dalam gambar disamping kita dapat melihat pembagian viewport standar yang muncul awal sewaktu kita membuka program ini. Dibagian samping kanan terdapat menu-menu dengan model tombol-tombol yang bertumpukan. Toolbar ini memuat perintah untuk membuat dan memodifikasi bentuk baik 2 dimensi(garis lurus, lingkaran, kotak, dll.) maupun 3 dimensi(balok, silinder, kubus,dll.). Toolbar yang berada diposisi bawah adalah yang berhubungan dengan proses animasi dan pembuatannya.

Melihat diagram diatas kita dapat melakukan sebuah perencanaan terhadap proses perancangan kita sesuai dengan siklus input-output seperti tersebut dalam diagram diatas. Perancangan arsitektur sebenarnya dapat dimulai dalam banyak metode. Metode-metode tersebut sangat tergantung dengan alat yang dipunyai. Komputer merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan rancangan arsitektur. Rancangan dengan perangkat lunak dan keras tertentu memberikan warna tersendiri dalam hal hasil karyanya.

No comments: