Tuesday, September 15, 2015

Pengaruh Alam dan Lingkungan terhadap Bangunan

Alam dan lingkungan pada prinsipnya merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap rancangan sebuah bangunan di lokasi tersebut. Faktor alam tersebut pada umumnya tidak dapat ditolak kondisinya namun harus diatasi dengan sebuah penyelesaian terhadap efeknya. Selain hal itu faktor alam juga dapat menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan untuk energi alternatif. Jadi faktor alam mempunyai dua sisi yaitu dapat mengganggu dan lainya menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan penunjang kenyamanan
Sebagai gambaran hujan dalam dalam kapasitas yang terlalu banyak memang akan mendatangkan bencana ketika tidak sesuai dengan daya tampung dipermukaan bumi. Namun pada sisi lain hujan juga dapat memberikan manfaat untuk memberikan dukungan terhadap tersedianya air tanah yang cukup, memberikan kesuburan pda vegetasi, membantu pembersihan obyek bangunan dari debu dan kotoran,dll.
Hujan
Ketika air hujan jatuh dipermukaan bumi maka air hujan akan mencari area yang lebih rendah.begitu juga ketika mencapai bangunan , air hujan akan mengalir mulai dari tempat yang paling tingi yaitu atap menuju tempat yang lebih rendah melalui talang air menuju saluran air di permukaan tanah. Sehingga ketika merancang bangunan sudah seharusnya untuk merencanakan sistem saluran air untuk mengatasi ketika terjadi hujan deras. Daerah tropis seperti di Indonesia mem[unyai tingkat curah hujan yang cukup tinggi sehingga bangunan didaerah tropis tidak lepas dari perancangan yang mempertimbangkan saluran pembuangan air hujan berdasarkan bidang-bidang permukaan penampung air hujan. Banyaknya sosoran juga menjadi respon rancangan bangunan didaerah tropis. Selain untuk menghidari sinar matahari langsung yang masuk jendela juga berfungsi sebagai penahan tampias ke dalam bangunan.
Sinar Matahari
Sinar matahari merupakan karunia alam semesta yang mempunyai potensi energi besar untuk dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Sinar matahari langsung merupakan penyumbang terbesar dalam pemanasan temperatur bangunan. Semua permukaan bangunan merupakan media penghantar panas dari matahari. Bangunan memerlukan konsep merancang yang baik untuk menghasilkan kenyamanan didalam bangunan khususnya mengendalikan penghantaran panas kedalam bangunan. Panas yang berlebihan didalam bangunan akan mengakibatkan tingkat kenyamanan rendah.
Angin
Angin sebagai salah satu faktor alam juga mempunyai peranan untuk membantu pendinginan terhadap bangunan. Selain sebagai pendukung pendinginan bangunan, angin juga membantu penguapan jika terjadi kelembaban yang cukup tinggi khususnya didaerah tropis lembab. Disisi lain dapat menimbulkan kerusakan jika tidak ditangani secara baik. Tekanan dan hisapan yang terlalu ekstrem sebaiknya dihindari dalam merancang bangunan. Tekanan dan hisapan yang terlalu ekstrem akan merusak struktur konstruksi dari bangunan tersebut jika tidak mampu menahannya.
Udara yang bergerak ini, dalam kenyataanya terdapat beberapa jenis sesuai penyebab terjadinya gerakan udara ini. Angin gunung dan angin lembah umumnya terjadi di daerah pegunungan karena terjadi beda tekanan dan pemanasan permukaan. Angin laut dan darat terjadi karena perbedaan tekanan yang menyebabkan aliran udara dari arah laut maupun sebaliknya.


No comments: