Thursday, October 29, 2009

PENGUMUMAN CAD LANJUT (PIL)

Ujian Tengah Semester
Mata Kuliah : CAD Lanjut
Hari/ Tanggal : Kamis / 28 Oktober 2009
Waktu :
Sifat : Terbuka
===========================================


Membuat Paper tentang Proses penggambaran 3 dimensi dalam pembuatan gambar arsitektur. Paper atau tulisan dalam bentuk tutorial dari contoh gambar yang anda tentukan sendiri. Gambar tidak perlu rumit namun dapat menjadi contoh saja penggunaan dari proses penggambaran dengan metode yang anda gunakan. Jadi intinya membuat paparan tentang proses penggambaran. Paper dalam bentuk tutorial ini dapat anda buat dengan menyertakan gambar-gambar capture dari interface yang sedang anda kerjakan.

Silakan dikerjakan dengan menggunakan lembar kertas A4 dan dijilid menggunakan spiral. Gunakan kertas sampul yang lebih tebal dari isinya.

Pengumpulan dilakukan di dosen MK, pada hari Kamis , 5 nopember 2009.
Pengumpulan dalam bentuk Paper dan cd (softcopy).

Segala pertanyaan dapat dikirimkan ke alamat herusu71@gmail.com



Dosen MK.

Wednesday, October 28, 2009

PENGUMUMAN CAD LANJUT (PIL)

Ujian Tengah Semester
Mata Kuliah : CAD Lanjut
Hari/ Tanggal : Kamis / 28 Oktober 2009
Waktu : Take Home
Sifat : Terbuka
Dosen : Heru Subiyantoro, ST., MT.
-------------------------------------------------------------

Tugas :
Membuat paper tutorial tentang penggambaran 3 dimensi menggunakan CAD. Paper dalam bentuk tutorial dengan obyek yang anda tentukan sendiri. Obyek penggambaran tidak usah terlalu komplek, namun dapat mewakili anda dalam menggunakan perintah dan cara penggambaran obyek tersebut. Bentuk lay-out dapat menyertakan capture dari tampilan layar saat melakukan proses penggambaran, jangan berupa teks saja.
Kerjakan dalam format kertas A4 dan disampul dengan menggunakan jilid spiral.

Pengumpulan dilakukan hari Kamis, tanggal 1 Nopember 2009 di dosen mata kuliah.



Dosen Mata Kuliah

Monday, October 26, 2009

Tugas 4 Perancangan Arsitektur 5 : Studi Bentuk & Ruang | Konteks Fungsi Aktifitas

Untuk Bentuk susunan tugas masih sama dalam format panel (40 x 60) cm. Sedangkan isi dari matriks tersebut adalah "Studi Bentuk & Ruang | konteks Fungsi Aktifitas" seperti gambar dibawah ini.
Isilah kotak-kotak berikut dengan gambar presentasi ruang-ruang yang sesuai dengan kategori dalam kolom tersebut. sedangkan jumlah presentasi gambar ruang digambarkan dalam bentuk denah ruang. Nomor 1-6 menandakan beberapa ruang yang menjadi prioritas studi anda. Sebagai contoh Kategori Ruang Utama terdapat ruang : 1. ruang Keluarga, 2. ruang Tamu, 3. ruang Tidur, dst.
Ruang Utama
Ruang ini adalah ruang yang dikategorikan sebagai ruang untuk kegiatan atau aktifitas utama.
Ruang Penunjang
Ruang penunjang merupakan ruang yang menjadi pendukung aktifitas dari ruang utama.(tidak termasuk kamar mandi/WC)
Ruang Utilitas
Ruang yang menjadi penunjang aktifitas ruang utama dan penunjang termasuk disini ruang kamar mandi/WC
Ruang Lain-lain
Ruang ini merupakan ruang yang

Sunday, October 25, 2009

PENGUMUMAN SPA 5 (2009-2010)

Untuk Peserta mata kuliah Perancangan Arsitektur 5 diharapkan mempersiapkan pengumpulan hasil Studi Ruang dan Bentuk dalam konteks fungsi aktifitas. Pengumpulan dilakukan Hari Jumat tanggal 30 Oktober 2009 , jam 10.00 wib.
Untuk materi penyusunan akan dijelaskan lebih lanjut di posting berikutnya atau pertemuan tatap muka selanjutnya.


Dosen Pengampu PA 5
Heru Subiyantoro ST., MT.

Wednesday, October 14, 2009

PENGUMUMAN NILAI KONSEP TUGAS AKHIR PROGRAM KHUSUS AGUSTUS 2009

No. NPM Nama Mahasiswa Total Nilai
Score Huruf
1 0451010020 Dwi Bangun Setyadi P. 69 B
2 0551010003 Litvina Yunistya Rahayu 74 B+
3 0551010009 Femil Afriana 71 B+
4 0551010007 Citra sari Dewi 70 B+
5 0551010031 Rizky Aditya 78 A-
6 0551010063 Robithul Ilmi 73 B+
7 0551010072 Chandika Wahyu Dwi S. 71 B+
8 0551010102 Agus Teguh Santoso 70 B+
9 05510100 Faris Marzuki 70 B+

Thursday, October 08, 2009

PENGUMUMAN CAD LANJUT (PIL)

TUGAS 1
MK CAD LANJUT
---------------------------------------------------------

JUDUL : MEMBUAT PROPOSAL KONSEP BANGUNAN SHOW ROOM MOBIL

Tujuan : Untuk pengenalan awal terhadap presentasi sebuah konsep bangunan dengan menggunakan perangkat lunak animasi sederhana.


Isi Tugas :
- Membuat penjelasan konsep bangunan dalam bentuk gambar
- Gambar dapat diolah dulu di CAD atau piranti lunak lainnya.
- Materi terdiri dari Gambar (sebagian besar) dan teks penjelasan seperlunya
- Tematik rancangan dibebaskan sesuai dengan ide anda


Format :
- Dibuat dalam bentuk presentasi animasi powerpoint sebagai playernya
- Sedangkan materi gambarnya dapat berupa flash, CAD, movie, premier ,dll
- Maksimal jumlah lembar presentasi 10

Pengumpulan :
- Dikumpulkan dalam bentuk softcopy di dalam CD
- Isi dalam CD termasuk :
* file powerpoint
* file gambar CAD, Flash, premier, movie, picture dll

Waktu Pengumpulan :
- Dikumpulkan tanggal 15 Oktober 2009, Kamis
- Jam 10.00 wib
- Tempat : Dosen MK




ttd.
Dosen MK CAD Lanjut

Thursday, October 01, 2009

Materi Kuliah CAD Lanjut : 1 Oktober 2009

KAITAN ANTARA CAD DAN PERANGKAT LUNAK LAINNYA

Beberapa perangkat lunak diluar CAD biasanya dibutuhkan mengolah presentasi yang lebih profesional. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan tentang proses linking dengan aplikasi lain.secara keseluruhan peranan dan posisi dari perangkat-perangkat tersebut seperti tergambar dalam diagram dibawah ini.













Jika hasil dari CAD diarahkan untuk penyelesaian animasi (walk-trough atau photostill) yang berbasis materi gambar 3 dimensi, maka pengolahan lebih diarahkan dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat mengolah gambar 3 dimensi secara advanced. Sebagai contoh perangkat lunak tersebut adalah 3DSMax yang dikeluarkan vendor yang sama dengan Auto-CAD, yaitu Autodesk. Dalam program ini kita dapat mengolah gambar 3 dimensi yang dibuat di CAD (file .DWG) tersebut dengan menambahkan citra-citra material yang dapat ditampilkan secara Photo Realistic. Gambar dengan citra material yang sesungguhnya dapat memberikan efek realistic menyerupai dengan kondisi nyata.

Citra-citra yang realistik tersebut biasanyan banyak tersedia include dalam software yang kita install dalam komputer kita. Jika citra yang kita masukkan tersebut tidak ada atau tidak sesuai dengan keinginan, kita dapat memasukkan sendiri kedalam pustaka perangkata lunak tersebut dengan cara memasukkan koleksi citra kita secara langsung atau jika belum berbentuk data digital kita dapat melakukan scanning dulu untuk disimpan dalam bentuk data digital. Selain proses scan dengan alat scaner, kita juga dapat memotret citra tersebut dengan kamera digital. Hasil dari kamera digital biasanya sudah berbentuk data digital yang dapat langsung ditransfer kedalam komputer kita. Data-data digital tersebut biasanya mempunyai ekstensi BMP, JPG, TIFF, GIF(merupakan karakter ekstensi gambar citra). Sehingga sebenarnya kita dapat mengisi dan mendokumentasi gambar-gambar citra sesuai dengan keinginan kita sendiri. Sebagai contoh jika gambar citra material yang terdapat dalam gambar disain 3 dimensi kita memang baru yang sesuai gambar citra dari material alam , kita dapat saja mengambil gambarnya melalui kamera digital kemudian kita memasukkannya dalam gambar rancangan tersebut.

Program 3DS merupakan salah satu yang populer dipakai oleh beberapa praktisi animasi, dan mahasiswa yang berkecimpung dalam dunia animasi bentuk 3 dimensi. Jika kita ingin mengolah gambar 3 dimensi kita menjadi sebuah simulasi animasi yang bergerak(walk-through) maka kita harus menentukan beberapa parameter seolah –olah seperti kita merancang obyek tersebut secara nyata. Lighting, camera, behaviour, dan lainnya merupakan sebagian ukuran-ukuran kondisi yang harus kita tentukan agar animasi yang deikerjakan menjadi lebih nyata.

Dibagian lain hasil dari CAD yang berupa gambar citra, dapat kita olah dalam perangkat lunak yang khusus sebagai pengolah citra, seperti corel photopaint, adobe photo shop, dll. Program-program pengolah gambar citra bekerja dalam format 2 dimensi, seperti halnya kita mengolah sebuah gambar foto dari kamera digital. Hasil dari olahan 3DS juga dapat berupa gambar citra (photostill) yang dapat diolah dalam program-program ini. Olahan disini mungkin merupakan tambahan dalam tampilan posternya (2 dimensi) antara lain menambahkan tulisan dan lainnya.

Secara bersamaan dalam suatu presentasi yang akan kita lakukan dapat menggabungkan antara data photostill dan data animasi bergerak atau film. Data photostill biasanya berupa file JPG, BMP,TIFF,GIF sedangkan data animasi bergerak atau film berupa AVI dan lainnya. Sedangkan program pengolah presentasi kita dapat memakai dari yang paling umum dan sering dipakai adalah microsoft powerpoint. Beberapa program lain lain yang lebih advanced seperti produksi macromedia, seperti flash, director dan lainya. Program tersebut lebih banyak menawarkan fasiltas animasi yang lebih lengkap dan mempunyai variasi lebih banyak. Anda dapat mempelajarinya untuk menghasilkan presentasi yang cukup menarik.

Presentasi pada dasarnya adalah alat untuk memberi keyakinan terhadap pengamat agar lebih yakin terhadap ide desain yang dipunyai seseorang. Sehingga seharusnya kita dapat memberikan suatu sajian yang cukup meyakinkan dan menarik perhatian dari pengamat. Dengan menggunakan bantuan program-program yang telah kita bahas diatas kita dapat memberikan dasar alasan yang lebih baik dari desain kita. Presentasi juga harus digambarkan sedekat mungkin dengan kondisi aslinya sehingga tidak terjadi distorsi antara desain diatas kertas dan benda aslinya.(to be continued)